http://kompilasikehidupan.blogspot.com/

ABOUTME

Name: farahPutri
Location: Jakarta
View my complete profile

KompilasiKehidupan

Hanya sebuah tempat biasa,tempat dimana saya bisa melarikan diri sejenak dan membenamkan diri dari segala macam persoalan dan masalah.Wadah dimana saya bisa bebas menjadi diri sendiri,bebas berkata apa saja yang saya mau,bebas melakukan apa saja yang saya anggap benar.Hanya sebuah tempat yang berisi sesuatu yang diharapkan menjadi sesuatu yang berguna.Menjadi sesuatu yang bermanfaat,menginspirasi dan memotivasi,bukan cuma bagi saya,tetapi kamu juga.. .

Archieves

Last Entries

Inspiring Blogs

Inspiring Sites

Online Users

Guests

Participated In

Lomba Blogfam HUT Kemerdekaan RI ke 61

Banner

Powered by Blogger

Save the Lebanese Civilians Petition

BlogFam Community

Syndicate Me

Shout Out Loud

Visitors Since July 2006

YM Status

YM Status

Template-By

Visit Me Klik It

Credite

15n41n1

Image Hosted-By

Sunday, October 15, 2006
Fitnah Lebih Kejam Daripada Fitness
Dunia internet yang luas kadangkala disalahgunakan sebagian orang untuk menyebarkan berita yang dapat menjatuhkan kredibilitas pihak lain. Surat berantai salah satunya. Kamu pasti pernah menerima offline message dari Yahoo Messenger –yang tentunya hanya omong kosong- tentang gempa yang akan terjadi pada pukul 1 siang, MSN yang akan mengenakan tarif bagi pengguna jasa email Hotmail, jarum suntik berisi virus HIV yang sengaja disebarkan di tempat duduk bioskop untuk menyebarkan virus, ajakan untuk memusuhi etnis tertentu dan masih banyak lagi.Email berantai yang masih hangat dibicarakan di beberapa milis bersubject “MIZONE=Misi Zionis”. Isinya kira-kira seperti ini :

Pernahkah anda minum MIZONE ? Minuman yang dapat menyegarkan tubuh sehabis berolahraga. Minuman ini diproduksi oleh Danone Aqua.Tapi, pernahkah anda memperhatikan tutup botol kemasan air tersebut. Berita ini dari milis sebelah. Tadinya saya tidak percaya karena belum melihat dan mengecek kebenaraannya. Saya berpikir mungkin orang yang menyebarkan berita ini berlatar belakang bisnis belaka, iri ataupun hanya strategi pemasaran perusahaan dalam rangka meningkatkan sales produk tersebut. Termasuk saya adalah salah satunya.

Sabtu kemarin saya iseng-iseng mengecek kebenarannya, kebetulan di rumah ada 2 buah botol plastik produk tsb. Saya buka tutup botol yang pertama, ternyata berita itu bohong belaka, saya pikir berita ini hanya ulah orang iseng tidak ada lambang bendara zionis dengan huruf "Z" ditengahnya. Lalu saya buka tutup kemasan yang satunya lagi, *Astaghfirullah*¡¦!!Ternyata orang itu benar!! Bukan berita bohong.

Saya bertanya dalam hati apa maksud pencetakan lambang bendera Yahudi dengan huruf Z ditengahnya. Apa disengaja atau tidak¡¦? Untuk mengatakan tidak disengaja tidak mungkin. Namun yang menjadi pertanyaannya adalah apa maksud dicetaknya lambang tersebut. Walaupun letaknya dibalik tutup botol namun terlihat jelas dan rupanya ada dua versi tutup botol produk tersebut. Ada yang memakai lambang bendera dengan huruf Z ditengahnya dan ada yang tidakpakai. Tapi saya tidak mengerti mengenai perbedaannya. Menurut saya anda tak perlu susah-susah untuk membuktikannya, apalagi dibulan puasa ini, berikut saya lampirkan fotonya.

Keberadaan email berantai rupanya membuat PT Aqua Golden Missisipi selaku produsen MIZONE gerah dan akhirnya mengeluarkan pernyataan yang menolak tegas segala tuduhan yang ada di dalam.

Subject: MIZONE - Pelurusan informasi dari email tertanggal 9 Oct 2006


Dengan Hormat,


Menanggapi email dibawah ini, perkenankanlah kami dari DANONE AQUA - Brand
MIZONE menjelaskan agar tidak ada salah pengertian.

Lambang tersebut adalah lambang perusahaan pembuat tutup nya, biasanya dalam1 perusahaan kami memakai multi supplier, tidak hanya satu supplier
melainkan beberapa supplier untuk mensupply 1 produk yang sama (mis: label,
tutup dsb) , dan setiap supplier itu mereka menaruh kode dari perusahaan
mereka pada barang yang mereka buat (apakah itu label, tutup dsb), sama
halnya dengan tutup botol MIZONE terlampir ini. Sebenarnya ini bukan huruf Z
melainkan huruf N kode dari salah satu perusahaan pembuat tutup tersebut.

Demikian lah informasi dari kami, semoga ini dapat meluruskan issue yang
tidak benar ini.

Hormat kami,

MIZONE Brand
PT Tirta Investama
Jl. Pulo Lentut No. 3
Kawasan Industri Pulo Gadung
Jakarta - 13920

Untuk membenarkan pernyataan pihak MZONE dan Danone-Aqua, saya mengecek di situs PT Namasindo. PT Namasindo adalah perusahaan yang menerima pesanan perusahaan lain untuk membuat kemasan plastik. Dari situs ini kita bisa melihat logo perusahaan yang memang mirip dengan bendera Israel. Huruf yang tertera di bintang tersebut adalah huruf N yang sekilas memang seperti huruf Z jika kita membacanya terbalik. Sama saja dengan angka 6 yang kelihatan seperti angka 9 jika dilihat dari sisi yang berbeda. Dalam daftar “Market” pada situs ini tercantum bahwa PT Aqua Golden Mississippi/ PT Tirta Investama mempercayakan pengadaan kemasan botol plastik produk-produknya kepada kepada PT Namasindo. Selain Mizone, perusahaan rekanan lain adalah PT Ades Alfindo Putrasetia, PT Tang Mas, PT Sinar Sosro, PT Tirta Mas Megah, PT Tirta Bahagian, PT Waterindex Tirta Lestari, dan PT Airess Mega Utama. Bila suatu saat kamu menemui produk dari perusahaan yang disebutkan diatas, cobalah untuk mengecek tutup botolnya. Jika ada logo bintang dengan huruf N ditengahnya, dapat dipastikan bahwa botol tersebut adalah buatan PT Namasindo. Bagaimana jika tidak ada? Seperti yang dijelaskan dalam email konfirmasi di atas, sebuah perusahaan akan melakukan outsourcing tidak hanya dengan satu sub-kontraktor saja. Bila kamu tidak menukan logo PT Namasindo, berarti tutup botol tersebut diproduksi oleh perusahaan lain.

Hal ini dapat menjadi pelajaran bagi kita yang seringkali memforward berita tanpa mengecek terlebih dahulu keabsahanan. Ingatlah selalu prinsip jurnalisme ketika mendapat sebuah berita yang “mencengangkan”, yaitu Cek dan ricek. Ingatlah, ketika kamu turut menyebarkan sebuah email berantai palsu, tanpa disadari kamu turut berperan serta dalam lingkaran fitnah yang akan menjatuhkan bahkan mendatangkan derita bagi pihak lain. Fitnah itu lebih kejam dari fitness pembunuhan.

posted by farahPutri @ 22:36  
16 Comments:
  • At 9:00 AM, Anonymous Anonymous said…

    kalo aku dapet pesan di YM gitu, yg isinya kuanggap penting dan mendesak bangged, biasanya aku post di Blog..

    kayak ini nhe contohnya:
    http://tyka82.blogspot.com/2006/10/buat-yg-ber-gol-darah.html

    eh ikutan polling ditempatku yuk....

     
  • At 12:31 PM, Anonymous Anonymous said…

    hummm... berat gitu postingnya... btw dirimu kerja dimana sih?

     
  • At 3:54 PM, Anonymous Anonymous said…

    gila, anda perhatian sekali sampe dibuktiin segala... ngomong2 gw blom pernah dapet email kaya gituan... jarang ikut milis soalnya...hehehehe

     
  • At 5:25 AM, Blogger dittadara said…

    ooh pantes sempet ga ada mizone 2 bulanan gitu.. mungkin gara-gara ditarik ke peredaran kali yaa
    (nyambung ga ??)

    eh ehh tapi gw maw nanya deh emang nya yang jarum HIV itu boongan ya ? gw percaya coba !! hahaha bodohh

    btw mba farah kerja dimana sih ?? *ckckckck*

     
  • At 6:52 PM, Blogger Arale said…

    wah, kalo gue sih ga pernah ngebaca / ngewaro hoax - hoax kayak gitu...

     
  • At 10:58 PM, Blogger Gagah Putera Arifianto said…

    mantep euy....gw suka nih postingan yang berat2 gini...soalnya bisa kurus kalo bacanya lama2 :B

     
  • At 3:30 PM, Blogger Spedaman said…

    duh gw jg suka ragu tuh sm imel kyk gt.
    oia mba farah kerja dimana sih?
    knal butet sm ucok ga?:p
    wakakaka...

     
  • At 11:04 AM, Blogger Devi Girsang, MD said…

    hm uda ga pernah buka YM jadi ga tau klo ada gtu2an. dan klopun ada sih biasanya gw cuekin hehehe...ga penting soalnya :p

     
  • At 11:14 PM, Anonymous Anonymous said…

    ya ampuun.. emang klo bener diproduksi ama yahudi juga emang knapa gitu? langsung jadi haram?? ckckck... ada2 aja ah..

     
  • At 2:12 PM, Blogger maruf hadi said…

    emang produk yang diproduksi yahudi ngak haram bagi penganut yahudi, tapi bagi kaum muslim, mending produk orang muslim ssendiri lebih harum, makanya hati2 pilih produk, karena kita semua sudah banyak yang diracuni oleh yahudi

     
  • At 4:17 PM, Anonymous Anonymous said…

    wah, setau saya yang haram itu babi, minuman memabukkan dan sebangsanya.. ato saya yang salah ya?? anyway, I am not jew hater, jadi saya bersikap sangat netral.. tolong bedakan yahudi dan zionis..

     
  • At 8:59 PM, Anonymous Anonymous said…

    Lama-lama, saking banyaknya HOAX, informasi yang bener-bener penting bisa diabaikan begitu saja. Padahal, Islam sendiri mengajarkan untuk melakukan, istilahnya, cek dan ricek terhadap kebenaran suatu berita. Kalau memang sudah yakin dengan berita tersebut, maka silahkan untuk disebarkan, sebab kalau tidak disebarkan malah akan berbahaya.

     
  • At 10:39 AM, Anonymous Anonymous said…

    Hmmmm... Sekejam itukah pitness dewasa ini?? :p

     
  • At 5:15 AM, Anonymous Anonymous said…

    hehehe lucu ya tutupnya ada binntangnya israel..

    ada yang belum tau Friendster?
    katrok deh kalo ga tau FS..

    tapi katrok lagi kalo ga tau Foundernya Friendster.. check n richeck:

    http://www.somethingjewish.co.uk/articles/548_jonathan_abrams.htm

     
  • At 4:46 PM, Anonymous Ilmi Aji said…

    halah, gitu aja....
    founder fb jg jewish noh

     
  • At 9:39 AM, Blogger trioadhitya said…

    Visit back lonk to st3telkom.ac.id

     
Post a Comment
<< Home