http://kompilasikehidupan.blogspot.com/

ABOUTME

Name: farahPutri
Location: Jakarta
View my complete profile

KompilasiKehidupan

Hanya sebuah tempat biasa,tempat dimana saya bisa melarikan diri sejenak dan membenamkan diri dari segala macam persoalan dan masalah.Wadah dimana saya bisa bebas menjadi diri sendiri,bebas berkata apa saja yang saya mau,bebas melakukan apa saja yang saya anggap benar.Hanya sebuah tempat yang berisi sesuatu yang diharapkan menjadi sesuatu yang berguna.Menjadi sesuatu yang bermanfaat,menginspirasi dan memotivasi,bukan cuma bagi saya,tetapi kamu juga.. .

Archieves

Last Entries

Inspiring Blogs

Inspiring Sites

Online Users

Guests

Participated In

Lomba Blogfam HUT Kemerdekaan RI ke 61

Banner

Powered by Blogger

Save the Lebanese Civilians Petition

BlogFam Community

Syndicate Me

Shout Out Loud

Visitors Since July 2006

YM Status

YM Status

Template-By

Visit Me Klik It

Credite

15n41n1

Image Hosted-By

Friday, August 11, 2006
Seeing isn't Believing
“Jangan dekati gadis di malam hari….
penyesalan….
kadang datang esok hari..saat terang…”


Untuk penggemar Yovie and The Nuno pasti kenal lirik lagu di atas.Lagu yan berjudul XXXX(maaf,saya lupa,ada yang bisa membantu?) ini bercerita tentang seorang pria yang berkenalan dengan seorang gadis cantik di dalam sebuh klub malam(yang gelap tentunya).Keesokan harinya,ketika mereka bertemu kembali di saat siang,sang pria menyesal telah berkenalan dengan gadis itu karena sosok sang gadis tidak “seindah” di saat gelap ,bahkan mungkin sang gadis hanya menjadi seorang gadis di malam hari(waria).Cahaya yang temaram di malam hari rupanya membuat mata sang pria tertipu.Pria itu telah terpedaya,ilusi!

Ilusi adalah sebuah distorsi dari sebuah persepsi (proses menginterpretasikan,memilih,dan mengatur informasi yang didapatkan).Setiap manusia dapat diperdaya oleh sebuah ilusi,tapi ilusi penglihatan adalah hal yang paling sering kita lihat.Beberapa ilusi bersifat subjektif,orang lain belum tentu melihat dan merasakan hal yang sama dengan kita.Hal itu dapat kita alami saat melihat pepohonan yang seolah-olah berlari mengikuti gerakan mobil yang melaju cepat.Itulah ilusi.

Orang yang mengalami ilusi melihat obyek yang benar - benar ada.Namun , salah dalam mempersepsikannya.Contoh:hari ini, karena terkena kanker (kantong kering), saya hanya sarapan nasi putih dengan tempe goreng.Namun,karena saya sangat lapar,saya makan dengan lahap dan “seolah-olah” tempe goreng itu kelihatan menjadi steak daging empuk yang sangat lezat.Rasanya masih sama,tempe,tapi karena di otak saya mengatakan bahwa tempe kelihatan seperti steak,nafsu makan saya menjadi poolllllll..Objeknya ada=tempe.

Perbedaan halusinasi dengan ilusi adalah keberadaan objek.Orang yang berhalusinasi merasakan/melihat objek yang sebenarnya tidak ada .Orang tersebut juga mengalami delusi(keyakinan yang salah).Pernah menonton film “A beautiful mind” yang dibintangi Russel Crowe,kan?Tokoh yang diperankan oleh Russel tersebut mengidap skizofrenia.Seseorang yang mengidap penyakit ini sepintas akan terlihat seperti orang kurang waras karena ia terus melihat/merasakan objek yang maya.

Contoh lain:Kemarin saya benar-benar tidak punya uang,jangankan uang untuk ongkos pulang,untuk membeli gorengan ubi pun sulit,tidak mampu.Terpaksalah saya berjalan kaki.Tiba-tiba,saya melihat semua orang berubah menjadi sepotong ubi!Langsung saja saya menyambar sepotong…

“Heh,kurang !@#$%^!!,gak usah coel-coel dong!!” kata seorang nenek tua.

Ternyata,rasa lapar yang sangat kuat membuat saya berhalusinasi.Nenek tua pun saya sangka adalah jelmaaan sepotong ubi.Objek yang sebenarnya tidak ada.

Dalam ilmu psikiatri,ilusi sering digunakan untuk membantu psikiatris.Orang yang akan diuji diperlihatkan beberapa gambar.Obyek yang terlihat pada beberapa orang akan berbeda-beda.Perbedaan itulah yang digunakan oleh psikiatris untuk menilai kepribadian kita.



Pada beberapa orang,gambar ini adalah sosok seorang wanita,namun orang lain ada juga yang mengatakan bahwa gambar ini adalah sebuah kata “Liar”.

Mari bermain-main sedikit..


Gambar ini akan kelihatan bergerak.Bergerak melingkar-lingkar seperti ular.Padahal tidak loh.. (PS:Jangan menatap terlalu lama,mual dan pusing tidak ditanggung).

Bagaimana dengan ini?Bacalah kallimat di bawah ini

"Aoccdrnig to rscheearch at Cmabrigde Uinervtisy, it deosn't mttaer in waht oredr the ltteers in a wrod are, the olny iprmoatnt tihng is taht the frist and lsat ltteer be at the rghit pclae. The rset can be a toatl mses and you can sitll raed it wouthit a porbelm. Tihs is bcuseae the huamn mnid deos not raed ervey lteter by istlef, but the wrod as a wlohe"



Percayalah,kamu tidak mau melihat lebih banyak lagi.Bikin pusing!


Untuk melihat gambar sejenis:




posted by farahPutri @ 15:16  
1 Comments:
  • At 9:05 PM, Blogger gerry said…

    gw pernah diajarin ini ma dosen pas kuliah Organizational Behaviour dulu, bikin pusing aja...disuruh tatap2 gambar, trus disuruh cari 2 gambar yang sama sekali berbeda huahaha interpretasi itu yg menyesatkan hehehehee

     
<< Home