http://kompilasikehidupan.blogspot.com/

ABOUTME

Name: farahPutri
Location: Jakarta
View my complete profile

KompilasiKehidupan

Hanya sebuah tempat biasa,tempat dimana saya bisa melarikan diri sejenak dan membenamkan diri dari segala macam persoalan dan masalah.Wadah dimana saya bisa bebas menjadi diri sendiri,bebas berkata apa saja yang saya mau,bebas melakukan apa saja yang saya anggap benar.Hanya sebuah tempat yang berisi sesuatu yang diharapkan menjadi sesuatu yang berguna.Menjadi sesuatu yang bermanfaat,menginspirasi dan memotivasi,bukan cuma bagi saya,tetapi kamu juga.. .

Archieves

Last Entries

Inspiring Blogs

Inspiring Sites

Online Users

Guests

Participated In

Lomba Blogfam HUT Kemerdekaan RI ke 61

Banner

Powered by Blogger

Save the Lebanese Civilians Petition

BlogFam Community

Syndicate Me

Shout Out Loud

Visitors Since July 2006

YM Status

YM Status

Template-By

Visit Me Klik It

Credite

15n41n1

Image Hosted-By

Monday, August 21, 2006
Si Hitam Pahit
Siapakah teman yang menemani kamu membaca berita di surat kabar pagi hari? Siapakah teman yang setia menemani kamu belajar sampai larut malam? Siapakah teman yang menemani kamu berjaga ketika menunggu sanak saudara yang dirawat di rumah sakit? Siapakah teman yang mendampingi kamu ketika ronda? Siapakah teman yang selalu ada ketika ada pertandingan bola pada larut malam? Teman itu pastilah kopi, kopi, kopi dan kopi.

Kopi adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi setelah air mineral. Kopi adalah komoditas kedua yang paling banyak diperdagangkan setelah minyak bumi. Delapan puluh persen orang dewasa di dunia minum kopi setiap harinya.Namun, tidak sedikit kalangan yang mengkhawirkan mudarat di balik manfaat kopi. Kandungan kafein yang tinggi dituding sebagai penyebab gangguan kesehatan seperti sakit kepala, gangguan pencernaan sampai penyakit jantung.

Saya sendiri pada mulanya termasuk pada golongan yang was-was akan pengaruh kopi bagi kesehatan. Oleh sebab itu, saya (hampir tidak) pernah meneguk kopi bubuk asli. Jenis kopi yang saya minum adalah kopi-kopi dekafein, jenis kopi yang kandungan kafeinnya rendah bahkan tidak ada sama sekali, hanya ada aroma kopinya. Favorit saya adalah Good Day Hazelnut. Selain murah , rasanya mak jos dan aromanya itu, loh.. Ada sebuah kutipan lucu tentang kopi dekafein.

"Decaffeinated coffee is kind of like kissing your sister." -Bob Irwin-


Berikut ini adalah beberapa fakta tentang kopi :

Walaupun kopi bisa meninggalkan noda di gigi. Kopi juga bisa mencegah korosi pada gigi yang juga biang timbulnya plak.

Kafein dapat meningkatkan daya aspirin dan obat-obatan penghilang rasa sakit lainnya,itu sebabnya pada beberapa jenis obat unsur kafein ditambahkan. Ironisnya, kafein juga merupakan penyebab utama sakit kepala.

Wanita yang meminum 2 cangkir atau lebih perharinya dapat meningkatkan resiko terkena perapuhan tulang (osteoporosis). Tapi hal ini dapat dikurangi resikonya dengan memperbanyak minu susu atau yoghut untuk mengganti hilangnya kandungan kalsium.

Kopi dekafein ternyata tidak bebas kandungan kafein, masih mengandung sekitar 3 mg kafein.

Secangkir kopi mengandung 115 milligram kafein, secangkir espresso (dan kopi tubruk/saring) mengandung sekitar 80 mg kafein, sedangkan kopi instan mengandung sekitar 65 mg kafein.

Penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan tekanan darah. Tapi ada banyak variabel yang juga menyebabkan hal tersebut, tidak hanya kopi. Minum kopi dengan tambahan gula atau krim juga salah satu penyebabnya. Faktor lain seperti obesitas dan stres juga dinilai sebagai penyebab tekanan darah.

Terdapat 1000 macam bahan kimia yang terdapat dalam kopi. Kebanyakan adalah anti oksidan. Anti oksidan meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu penyebaran sel- sel kanker.

Antioksidan dalam segelas kopi sama dengan tiga gelas jus jeruk.

Kafein dalam kopi juga membantu dalam penurunan berat badan. FDA (Food and Drug Association) telah melarang penggunaan kafein dalam program penurunan berat badan.

Seorang pecandu kopi yang secara rutin memesan kopi melalui drive thru akan menghabiskan waktu 45 tahun hidupnya untuk mengantri.

Ungkapan “The Cup of Joe” untuk menyebut kopi muncul pada saat Perang Dunia ke II.

Seorang prajurit wanita Amerika, G.I Joe diidentikkan dengan seorang pecandu kopi.

Tidak ada tanaman kopi yang tumbuh di Amerika atau teritorinya dengan perkecualian Hawaii dan Puerto Rico.

Peraturan perdagangan kopi dunia telah menetapkan bahwa negara tempat memanggang biji kopi adalah negara penghasil. Jadi, bila biji kopi dari Indonesia diexpor ke Kolombia dan diolah di sana, maka kopi tersebut dapat dilabeli dengan 100% Kolombia!

Kopi mempunyai aroma yang kuat. Jika kamu dalam perjalanan dan tidak tahan dengan aroma menusuk durian yang kamu bawa, taburkan bubuk kopi di durian tersebut. Aroma keras durian akan terserap.

Metode di atas juga dapat diterapkan pada kamar mandi yang berbau busuk. Tebarkan bubuk kopi di sumber bau. Biarkan selama beberapa jam dan bilas.

Satu lagi, untuk menghilangkan bau apek pada sepatu, masukkan kopi dalam tissue dan tinggalkan semalaman. Bau tengik akan hilang.

Sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh kita. Seseorang yang minum lebih dari 2 sampai 4 cangkir kopi per hari akan mengalami peningkatan tekanan darah, stress dan gangguan perut.

Nikmatilah kopi sesuai takaran. Seperlunya dan seharusnya. Have a very nice strong black Coffee!
posted by farahPutri @ 20:12  
8 Comments:
  • At 12:43 AM, Blogger dittadara said…

    lebih baik minum teh sajaaa, sama ada antioksidan juga he3x, gw denger" kopi juga obat kanker hati lo ! tapi ga suka kopiii :)

     
  • At 1:05 AM, Anonymous Anonymous said…

    sisayah suka cappucino, kopi itu gak selalu buruk, buktinya gara2 kopi para penjahit bisa sabar menghadapi malam2 panjang :P *maksudnyaaaa* hiehehe

     
  • At 8:28 AM, Anonymous Anonymous said…

    wah infonya menarik :) saya ga suka minum kopi murni sih, tp klo cappuccino, coffee latte, mochaccino ok lah hehehehe

     
  • At 8:45 AM, Blogger diandra_diandra said…

    Itulah kenapa lebih banyak minum susu daripada kopi :D Hidup susu!

     
  • At 9:32 AM, Anonymous Anonymous said…

    kopi gak terlalu buruk koq.
    ya mungkin kalo berlebihan semuanya pasti akan berakibat buruk.
    Efek candunya juga gak terlalu berat.
    Kesimpulannya kopi masih jauh lebih baik ketimbang rokok:)

     
  • At 9:13 PM, Anonymous Anonymous said…

    buat ngimbangin nya apa yah...?

     
  • At 3:34 PM, Blogger Ferdy said…

    siapakah yang menemani anda ketika ronda ?? <--- pentungan *ga penting mode ON*

     
  • At 1:50 PM, Blogger mpokb said…

    nice post :)
    saya suka kopi karena...wangiii... :)

     
Post a Comment
<< Home